MOTIVASI & INSPIRASI

Mengapa Banyak Orang Pintar Gagal Vs Orang Bodoh Tapi Sukses ?

Hai Smart Kliker ! Its Me Zaza hehe

Saya banyak menjumpai banyaknya orang yang pandai dalam mengutarakan argumennya bahkan mungkin gagasannya namun pada aplikasinya mereka gagal.

Dan akhirnya menjadi pertayaan di benak saya, apakah itu hasil pemikirannya atau hasil pemikiran orang lain, mungkin dia pandai mengingatnya, tapi tak tahu pasti ya =D, maka adanya hak paten karena hal tersebut juga karena alasan mengcopy.

5 alasan mengapa orang yang pintar gagal menjadi orang yang sukses

Menurut Alice Boyes, PhD. seorang psikolog klinis yang tulisannya dimuat Harvard Business Review menyatakan setidaknya ada 5 alasan mengapa orang yang pintar gagal menjadi orang yang sukses:

1. Orang pintar kadang mengabaikan skill-skill lain yang sebenarnya juga penting, dia terlalu fokus pada kemampuan intelektual

Orang yang pintar seringkali menganggap dia pasti sukses karena kepintaran mereka, dan kurang melatih skill-skill lain yang juga penting. Padahal sebenarnya banyak hal seperti hubungan sosial, kemampuan komunikasi, jaringan pertemanan dan sebagainya juga menjadi syarat kesuksesan seseorang.

2. Kerjasama tim (team work) dapat menjadi hal yang menyulitkan bagi orang pintar

Orang pintar saat di bangku pendidikan bisa menyelesaikan berbagai soal dengan lebih mudah, tanpa bantuan orang lain. Pun begitu saat sudah memasuki dunia pekerjaan, dia merasa bisa mengerjakan lebih baik, sehingga enggan mendelegasikan pekerjaan ke orang lain. Hal ini tentu membatasi pencapaiannya sendiri karena tentu dia bisa melakukan pekerjaan lebih banyak jika bekerjasama.

3. Orang pintar sering mengagungkan kepintaran mereka sehingga mengurangi kepekaan dan menghindari pendapat orang lain

Setiap orang memiliki pengalaman dan cara pandang yang unik, hal ini kadang diabaikan oleh orang pintar karena cenderung merasa pendapatnya paling tepat. Bisa jadi benar, tapi tetap dia membutuhkan sudut padang orang lain untuk memperoleh solusi yang lebih baik.

4. Orang pintar mudah sekali bosan

Saat belajar atau mengerjakan sebuah bidang/pekerjaan, orang pintar biasanya akan lebih mudah untuk memahami bidang tersebut. Hal ini membuat dia tidak tertantang lagi untuk mendalaminya. Padahal ada bagian-bagian dalam bidang/pekerjaan tersebut yang mungkin bukan hal inti tapi penting, namun dia hanya sampai pada permukaannya saja. Sehingga dia lebih memilih untuk belajar hal lain, begitu terus namun hanya di permukaan saja.

5. Orang pintar kadang menyelesaikan masalah dengan berfikir terlalu mendalam

Dalam menyelesaikan masalah, ternyata yang paling penting adalah action, eksperimen, karena dengan mencoba menyelesaikannya, kita akan belajar dengan kondisi nyata. Namun orang pintar kadang lebih memilih untuk berfikir terlalu mendalam sehingga memperlambat mereka untuk berekserimen dan masuk dunia nyata.

5 Alasan Orang Bodoh Bisa Sukses Tanpa Skill atau Bakat Apapun Dibanding Orang Pintar

1. Keberanian untuk mimpi besar

Bermimpi besar

Bermimpi besar via https://goo.glAdvertisement

Orang pintar sangat memakai logika sehingga ia takut untuk memiliki harapan yang besar. Ia hanya berharap sesuai dengan logikanya saja. Sedangkan orang bodoh tidak perduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu yang sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.

Tapi justru itulah yang kadang membuat orang bodoh sukses. Karena kadang sikap nekat membuat orang bisa mewujudkan mimpinya.

2. Tidak terlalu banyak ide

Hanya orang bodoh

Hanya orang bodoh via https://goo.gl

Ide memang sangat diperlukan dalam meniti kesuksesan, ide tersebut banyak dimiliki oleh orang pintar, namun karena orang pintar terlalu banyak ide, sehingga mereka bingun untuk mewujudkan ide-idenya itu, berbeda dengan orang bodoh, mereka hanya mempunyai satu buah ide, akan tetapi satu ide tersebut mereka jalani dengan sungguh-sungguh yang menjadi pilihan usahanya sehingga membuahkan hasil yaitu kesuksesan.Advertisement

3. Tidak terlalu pandai menganalis

Memiliki IQ tinggi

Memiliki IQ tinggi via https://goo.gl

Sebagian besar orang pintar sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Kepandaiannya ini membuat orang pintar tidak mau memulai jika hasil analisisnya tidak sesuai.Advertisement

Sedangkan orang bodoh tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat bertindak dan memulai usaha.

4. Selalu berfikir positif

Always Positive

Always Positive via https://goo.gl

Karena orang pintar cerdas dalam menganalisis dan mengumpulkan semua data dan kemungkinan, sehingga hal tersebut membuat orang pintar menjadi berfikiran negatif mengenai usaha yang akan dia jalani, namun berbeda dengan orang bodoh, mereka bahkan tidak sempat berfikiran apa-apa dan langsung bertindak melakukan usaha bisnis mereka.

5. Fokus

Sederhana

Sederhana via https://goo.gl

Orang pintar biasanya cenderung memiliki pengetahuan yang sangat luas mengenai hal ini dan itu, sehingga menyebabkan mereka menjadi tidak fokus dalam menjalani usaha, namun berbeda dengan orang bodoh, mereka lebih fokus pada satu pekerjaan, karena hanya pekerjaan itu yang dia bisa lakukan.

Inti dari tulisan di atas bukan mengajak kamu jadi orang bodoh. Jadi orang pintar itu perlu. Tapi jangan meniru kesalahan orang pintar: kebanyakan mikir jadinya nggak action. Orang bodoh banyak action dan terus action. Orang pintar kebanyakan mikir, tapi action-nya nol. Padahal sukses itu dijemput pakai action, bukan karena skill dan sekedar dipikir saja.

Begitulah saudara saudara, semoga dapat menambah inspirasi kita .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *